Memories at Warnet


Image Source: https://cdn-image.hipwee.com

Aaah, warnet, tempat nongkrong paling asik di masanya. Tempat paling enak ngajak ribut temen kalo by1 game online, terutama PB. Selain itu, ada OP warnet yang siap melayani pelanggannya.

Nah, tanpa basa-basi lagi, Gw akan membahas sedikit seputar warnet ini. Kita tinggalkan permasalahan lain seperti Ucapan Selamat Natal, Terompet, Kembang Api, dan juga LGBT. Ok, kasih dulu liriknya.

Dear God the only think I ask of you
Is to hold her when I'm not around,
When I'm much too far away...
We all need that person who can be true to you
But I left her when I found her
And now I wish I'd stayed...
'Cause I'm lonely and I'm tired
I'm missing you again oh no...
Once again.

 

• Apa itu Warnet?

Warnet adalah singkatan dari WARung interNET, yaitu sebuah tempat yang telah difasilitasi beberapa komputer dan akses internet dengan kecepatan akses yang relatif. Warnet sendiri biasanya dipilih sebagai tempat nongkrong bagi beberapa kalangan.

Selain itu, beberapa warnet pun biasanya dilengkapi dengan fasilitas warung makanan, atau letak warnet biasanya tidak jauh dari tempat beli makanan (tukang seblak). Ah ya, untuk warnet elit, biasanya terkenal dengan sebutan 'Cyber' atau 'Fantasy' (Pokoknya belakangnya ada V, S, sama Y), atau 'iCafe'.

Biasanya, warnet tersebut jauh lebih ramah dan lebih elit dari warnet biasa. Warnet yang disebutkan diatas biasanya dipakai untuk kegiatan khusus seperti Meeting Member, atau Hard Gaming. (Kalau warnet biasa, paling cuman buat print. Dan warnet khusus cheat, biasanya ada huruf X Kapital.)

 

• Berapa Usia Rata-rata Pemain Warnet?

Rata-rata warnet digunakan oleh para remaja atau orang dewasa. Namun, di era sekarang, anak-anak lebih mendominasi dibanding yang lain, terutama di hari libur. Yah, karena perkembangan teknologi, anak-anak pun mulai ikut andil.

Dulu disuruh diem dirumah, sekarang malah disuruh keluar. Alhasil, warnet adalah pilihannya. Eits, tapi tunggu.., gak semua anak-anak itu karena inisiatif sendiri. Awal sebabnya, bisa saja kita sendiri yang memperkenalkan warnet pada mereka. Jadi ya, kita juga yang bisa kena masalah.

Yah tapi, bagi remaja dan dewasa sekarang, warnet sudah mulai terlupakan karena sudah ada kegiatan masing-masing.

 

• Tarif Warnet?

Relatif, tapi rata-ratanya adalah 3.000 untuk 1 jam, 5.000 untuk 2 jam, 7.500-8.000 untuk 3 jam, dan 10.000 untuk 4-5 jam.

Bagi kalian yang bener-bener anak warnet asli, bisa beli paket special yang berharga 12.000-20.000 untuk paket gadang dari malam sampai pagi (tergantung warnet masing-masing). Untuk warnet elit, tarif akan lebih mahal dibanding warnet biasa. Jadi, pandai-pandailah nyari warnet. Tapi, warnet elit lebih direkomendasikan.

 

• Yang Punya Warnetnya Untung atau Buntung?

Hmm, ini juga relatif. Terkait ini, pemilik warnet biasanya menyesuaikan tarif dengan biaya listrik dan kelengkapan fasilitas beserta spek komputer (kurang tahu juga saya, itu perkiraan Gw. Coba yang punya atau pernah mengelola warnet, bagi pengalamannya).

Selain itu, tidak jarang fasilitas warnet ada yang rusak. Seperti mouse yang button nya error (kebanyakan nge-refresh room nih anak), keyboard nya lepas, karpet bolong karena rokok (ora udud paru-paru ora smile), dan masih banyak lagi.

Nah, karena beberapa kendala diatas, warnet tersebut pun mulai dijauhi karena kurang lengkap.

Untuk inisiasi awal buka usaha warnet, biasanya paket akan lebih murah. Misalnya 1.500-2.000 untuk 1 jam. Garis besarnya, dikurangi 1.000-2.000 dari tiap harga paket tertentu.

 

• Fakta-Fakta Warnet:

  1. Pada hari libur, warnet biasanya padat pengunjung. Bahkan, ada yang bawa 1 RT geng, tapi bukannya main, malah nonton (anak-anak nih yang biasanya gini).
    Jadi, kita-kita bingung, ini anak mau nyarter atau cuman nonton? Yah, cukup ngeselin.
    Sedangkan pada hari biasa, warnet biasanya sepi dan hanya dikunjungi beberapa orang tertentu untuk kepentingan tertentu. Seperti membuat makalah, print, ataupun tugas searching (Dulu, sekarang bisa via smartphone. HP nya smart, penggunanya ada yang enggak).
    Anak sekolah biasanya akan mengunjungi warnet ketika sudah pulang sekolah. Tapi, ada juga yang belok dari sekolah malah ke warnet. Hmm, mantul kali...
  2. Warnet sepi? Kalau ada aturan tertulis. Kalo enggak, rame! Akan ada banyak teriakan dari sana- sini sebagai ekspresi mereka saat bermain warnet, terutama game online. Apalagi PB yang dulu bener-bener rame (Meski ada game lain seperti LS, DN, dan yang lainnya, PB dulu adalah paling berisik).
    Berikut contohnya:
    [Loud]
    "A BATU AN****!"
    "RUSH B G***!"

    [Normal]
    "Rush A gan."
    "Gua jaga BC."

    [Silent, In-Game Chat]
    A : Tuker senjata bro.
    B : Oke (lempar P-90).
    A : NJ***! Kok malah senjata rakyat?!
    C : Hehe Boss. (Yah, meski begitu, ada saatnya kita akan merindukan suasana itu.)
  3. Posisi monitor dan keyboard miring? Awas, itu ulah orang yang lagi by1 PB. Bahkan, ada yang sampai muter meja komputer 90°! (biar gak neleng).
    Tapi, untuk warnet elit, biasanya sudah di set di posisi yang tetap dan diberi sekat di setiap nomor PC (terkecuali keyboard mungkin).
  4. Kegiatan yang dominan adalah bermain game online. Meski begitu, ada juga yang memilih untuk streaming video (YT, atau sejenisnya), mendengarkan musik, download file, dan yang lainnya.
    "PAREUMAN YOUTUBE NA AN****! NGELAG YEUH!" (Bagi kalian yang memang darurat sedang membutuhkan kecepatan akses internet lebih, bisa bernegosiasi dengan OP warnet. Dan, beberapa warnet kini sudah menetapkan bandwidth yang merata di setiap PC.)
  5. Anda butuh sandal? Atau suka kehilangan sandal? Hati-hati aja kalau ke warnet. Tidak sedikit kejadian seperti ini terjadi. Bukan karena takdir, melainkan warnet tersebut tidak tersedia tempat menyimpan alas kaki (ya tetep aja sih, walau ada tetep kena).
    Saran dari Gw adalah bawa alas kaki kalian dan simpan dibawah meja billing kalian masing-masing.
  6. Tempat mencari pacar online (haaah, ngenes kali ya). Dulu, kegiatan ini marak terjadi di beberapa game online. Tapi, kadang ada yang dikira perempuan, malah sebaliknya. Nah, karena kejadian itu, muncul istilah hode (Hmm, denger-denger sih dari game Ragnarok Online, yaitu musuh yang bentuknya macam. Ah, tidak perlu dilanjutkan).
    Meski begitu, ada juga yang cintanya berawal dari game online, dan berakhir di pelaminan. (Duh indahnya)
  7. Warnet bisa digunakan sebagai obat dan tempat pelarian. Ya, beberapa orang memilih warnet untuk menenangkan dirinya dari berbagai masalah yang datang pada hari itu.
    Seperti seorang anak yang pergi ke warnet karena dirumahnya kena ulti ibunya atau bapaknya. Kalian bisa share pengalaman ini (kalau mau).
  8. Jasa joki dan cheat banyak terjadi diwarnet. Joki sendiri berarti memainkan atau menggunakan. Maksudnya, seseorang memainkan akun kalian untuk mencapai tujuan tertentu dengan jumlah bayaran yang relatif.
    Sedangkan untuk cheat, biasanya mereka menggunakan fungsi tersebut untuk memenangkan game secara instan.
    Misalkan saat war clan pada permainan PB. (Cheat mamaknya mati.)
    "PEKALONGAN ON!"
  9. Kalian ambisius dengan game online kalian? Isi g-cash dulu. Game online tidak jauh dari yang namanya Pay to Win, yaitu yang berarti agar kalian lebih kuat dan memiliki kemenangan yang tinggi, kalian harus memberi beberapa item.
    Hmm, udah gak asing deh buat beberapa orang. Tapi, bukan tanpa alasan, dengan item yang kalian beli, otomatis harga akun game kalian bertambah.
    Ini juga bisa jadi sebagai titik untuk mendapatkan uang dikala sedang butuh (walau di beberapa waktu, ada yang besar pasak daripada tiang).
    "Jangan bohong kau! Kau yang bawa uang mamak di laci kan?!"
  10. Jual beli billing. Nah, transaksi seperti ini terjadi karena lagi kebelet pengen main. Bahkan, ada yang sampai nge-restart PC nya kalau gak mau! Wah, gelut ieu mah euy.
  11. PC kesayangan kita kalo dipake orang lain itu sakit! Ah, sudah pasti yang satu ini. Pindah atau restart? Atau mau sekalian gelut?
  12. Dan, inilah yang paling jitu. Tempat menghabiskan waktu pas bulan Ramadan. Oke, ini alasannya, saat kita bermain game, otomatis daya sadar kita terfokus pada game tersebut hingga lupa waktu.
    Nah, apalagi beberapa warnet tidak menyediakan jam dinding, tambah lupa waktu lagi. Tapi, saat bulan Ramadan ini, jitu banget geng buat nunggu buka puasa alias sarana ngabuburit. Kalau tidak warnet, kalian bisa menuju Rental PS ataupun jalan-jalan hingga waktu berbuka pun tiba.

 

Oke, mungkin segitu aja yang bisa disampaikan. Mungkin, kalian ada yang mau nambahin? Misalkan friv. Yah, kalian isi aja kolom komentar kalo mau.

 

Dear God the only think I ask of you
Is to hold her when I'm not around,
When I'm much too far away...
We all need that person who can be true to you
But I left her when I found her
And now I wish I'd stayed...
'Cause I'm lonely and I'm tired
I'm missing you again oh no...
Once again.

Recent posts

Comments

No comments yet.

Leave a Reply

captcha