Kisah di Balik Friday the 13th


Image Source: https://cdns.klimg.com

Tahukah Kamu Kisah di Balik Friday the 13th? Friday the 13th terjadi ketika hari ke-13 pada bulan itu jatuh pada hari Jumat, yang dianggap sebagai hari sial bagi sebagian orang. Bahkan ada ketakutan akan hari Jumat tanggal 13 yang disebut Friggatriskaide kaphobia.

Sebenarnya tidak ada bukti nyata yang menyatakan dengan jelas mengapa Friday the 13th bisa dianggap hari yang ‘menakutkan’. Kembali pada kisah sejarah. Seorang komposer Italia bernama Gioachino Rossini dikisahkan menganggap Hari Jumat adalah hari yang tidak menyenangkan dan kebetulannya ia meninggal pada tanggal di Hari Jumat, 13 November.

Ada beberapa teori-teori yang mengatakan asal- usul mengapa Friday the 13th ini dianggap hari yang penuh kesialan. Salah satunya adalah takhayul angka 13 yang dianggap sial. Mengapa? Karena setahun memiliki 12 bulan, begitupula menurut legenda Yunani kuno terdapat 12 dewa besar, dan dalam Alkitab ada 12 rasul. Angka 12 dianggap kelengkapan. Sedangkan 13 membuat kelengkapan ini jadi kacau. Sedangkan Hari Jumat yang dianggap membawa kesialan setidaknya sudah ada sejak abad ke 14, seperti ditemukan dalam dongeng Canterbury Tales “on a Friday fell all this mischance”.


Image Source: https://cdns.klimg.com

Hari Jumat adalah hari yang dihindari untuk memulai suatu perjalanan ataupun pekerjaan. Konon di zaman dahulu kala, banyak sekali terjadi bencana tepat pada hari Jumat. Beberapa kesialan yang tertulis dalam sejarah ternyata juga sempat terjadi pada Friday the 13th.

Mitos ini dipercaya semakin berkembang semenjak terbitnya novel dengan judul Friday, the Thirteenth karangan Thomas Lawson. Selain itu, yang paling populer tentang sejarah Friday the 13th adalah legenda tentang Ksatria Templar. Bagi yang pernah membaca novel The Da Vinci Code karya Dan Brown mungkin akan tahu. Mereka dibantai pada tanggal Friday the 13th.

Peristiwa ini dipercaya melatarbelakangi urband legend Friday the 13th. Ada lagi film horor, tv show, hingga ke buku-buku Friday the 13th seolah mengukuhkan memang layak menjadi perbincangan. Di luar semua kepercayaan dan apa yang terjadi, tentunya saat ini Friday the 13th ini hanyalah urban legend dari negeri Barat layaknya legenda-legenda lainnya. Tak perlu ditakuti secara berlebihan apalagi sampai membuat phobia, ya!

 Sumber : bukupedia.com

Recent posts

Comments

No comments yet.

Leave a Reply

captcha