Mengapa Planet Berbentuk Bulat Alih-Alih Berbentuk Segitiga?


Image Source: ISTIMEWA

Sebenarnya, ini cukup sulit dijawab, otak manusia kadang semenakjubkan itu sampai-sampai mau memikirkan mengapa bumi berbentuk bulat dan bukannya segitiga. Aku langsung tersedak, tidak habis pikir, otak dan jariku yang IQ-nya jongkok jelas otomatis akan menjawab karena Tuhan tidak mau. Sebab aku adalah kreasionis sejati ;v

Tetapi, karena sepertinya saudara menuntut jawaban dari sisi sains, here we go!

***

Sesuatu yang hancur. Umm, maksudnya big bang, 'kan?

Oke, jadi, hanya karena ia bernama big bang (ledakan besar), bukan berarti ia benar-benar seperti ledakan yang kita kenal di bumi.

Bayangkan saja sebuah subatomik dengan kepadatan tanpa batas yang mengalami perkembangan, pertambahan ukuran, dan mengubahnya menjadi hamparan dalam waktu yang sangat cepat melebihi kecepatan cahaya. Bukan langsung boom meleduk bersuara keras dan meninggalkan asap.

***

Kejadian big bang tidak serta merta langsung menciptakan planet dan bintang-bintang. Ia menciptakan ruang waktu, materi, dan energi.

Tetapi ia bukanlah asal mula alam semesta, ia hanya satu dari banyak kejadian dalam proses perkembangan alam semesta. Ia terjadi sekitar 13.7 miliar tahun lalu, sementara planet tertua yang teridentifikasi, PSR B12620-26 b, berumur sekitar 13 miliar tahun, yang berarti memerlukan waktu sekitar 700 juta tahun setelah big bang untuk tercipta. Bumi sendiri berumur sekitar 4.543 miliar tahun, yang jarak usianya dengan bigbang setengah lebih banyak dari usianya sendiri.

***

Tetapi kenapa bumi berbentuk bulat dan bukannya segitiga?

Jawabannya ada di ujung langit, hehe :v 

Jadi, itu karena adanya gravitasi. Marilah kita mulai, setelah penciptaan matahari pada sekitar 4.6 miliar tahun lalu, si bintang muda itu mulai melahap apa saja yang ada di sekitarnya, nyaris 99%. Dan hanya menyisakan 1% untuk hal lain-lain.

***

Tata Surya adalah tempat yang benar-benar berantakan pada kurun waktu ini, dengan berbagai gas, debu, objek- objek astronomi dan puing-puing yang saling beterbangan. Tetapi pembentukan planet tampaknya telah terjadi relatif cepat.

Kumpulan debu dan gas mulai saling menyatu. Matahari muda mendorong sebagian besar gas, menembakkan proton dan partikel subatom lainnya ke luar angkasa dan panasnya menguapkan es yang berada di dekatnya.

Nah, proses penyatuan ini terjadi saat debu dan gas mulai berkumpul di suatu titik yang terjadi akibat adanya gaya tarik gravitasi pada pusat gravitasi di titik itu.

***

Tapi kenapa mesti berbentuk bulat? Hal tersebut karena medan gravitasi yang berpusat pada inti mereka. Sebuah planet berperilaku seperti cairan dimana dalam jangka waktu tertentu akan tertarik ke pusat gravitasinya sebagai akibat gaya tarik gravitasi. Proses tarikan inilah yang memaksa sebuah planet untuk berbentuk bulat dengan menarik semua massa mendekat dengan pusat gravitasi. Proses ini disebut dengan isostatic adjustment atau penyesuaian isostatik.

Bayangkan saja sebuah gelembung sabun, bentuknya ditentukan oleh kekuatan tekanan udara dan tegangan permukaan yang mendorong secara merata ke segala arah, yang berarti itu mestilah bulat, kalau ada gelembung sabun tapi bentuk karakter seperti dalam film Spongebob, itu hoax,..

Mengapa tidak berbentuk segitiga? Karena jika berbentuk segitiga, maka bagian sudut akan lebih jauh dari pusat daripada bagian sisi, yang maknanya massa materi penyusun tidak merata di segala arah. Tidak adil,

Dan, sudah.

Berfaedah maupun tidak, yang penting saya keren;v

Thank you.

Referensi: Buku geografi kelas 10. Tidak ada pengarang, soalnya catatan tangan. A brief history of time, Hawking.

Recent posts

Comments

No comments yet.

Leave a Reply

captcha