5 Tips Rahasia Umur Panjang Dan Awet Muda Orang Jepang. Salah Satunya Tentang Cara Masak!

5 Tips Rahasia Umur Panjang dan Awet Muda Orang Jepang, Salah Satunya Tentang Cara Masak!
Image Source: https://cdn.yukepo.com

Gaya hidup dan kebiasaan masyarakat Jepang memang membuat banyak orang di dunia merasa kagum. Banyak orang yang menduga rahasia umur panjang dan rahasia awet muda masyarakat Jepang adalah karena pola hidup sehat yang mereka terapkan.

Tak heran jika orang Jepang memiliki rata-rata usia tertinggi di dunia soal harapan hidup yaitu 83-84 tahun. Banyak orang Jepang yang sudah berusia 70 tahun ke atas namun tetap bugar dan prima. Para wanita Jepang pun terlihat awet muda dengan kulit yang tetap sehat dan tubuh yang terjaga kelangsingannya.

Itu semua tidak terlepas dari kebiasaan makan yang diterapkan oleh orang Jepang. Berikut 5 rahasia umur panjang dan awet muda yang dimiliki oleh masyarakat Jepang!

 

1. Metode Memasak

Banyak orang Jepang yang masih memasak makanan secara tradisional yaitu dengan direbus, dibakar atau dikukus. Atau jika digoreng ya digoreng dalam panci khusus dengan sedikit minyak.

Mereka juga suka menyantap sayuran yang masih segar dengan cara dibuat salad. Metode masak yang sebentar dan tidak mengubah bentuk serta rasa makanan ini membuat makanan tetap menyimpan banyak kandungan nutrisi.

 

2. Makanan Kaya Gizi dan Seimbang

Orang Jepang suka makan ikan yang diolah mentah seperti sashimi atau dimakan dengan nasi seperti sushi. Selain itu mereka mengonsumsi rumput laut, syauran hijau, kedlai, beras, buah dan teh hijau.

Porsi makan di Jepang kaya gizi dan seimbang tanpa makanan tinggi kalori. Kesegaran ikan, buah dan sayur juga sangat diperhatikan demi asupan gizi yang lebih sempurna.

 

3. Makan dengan Porsi Kecil

Makan dengan piring kecil sudah menjadi tradisi di Jepang. mereka biasa makan perlahan dengan suapan atau potongan makanan kecil. Lauk-lauk ditata di piring berbeda sesuai dengan jenisnya dan mereka makan nasi dengan sumpit agar suapannya tak terlalu banyak.

Dengan gaya makan seperti ini, mereka pun tahu kapan harus berhenti dan tidak makan secara berlebihan.

 

4. Tidak Pernah Meninggalkan Sarapan

Sarapan menjadi waktu makan yang penting di Jepang, oleh sebab itu mereka tidak pernah melewatkannya. Bahkan orang Jepang lebih memilih melewatkan makan malam dibanding tidak sarapan.

 

5. Hindari Pencuci Mulut yang Terlalu Manis

Makanan pencuci mulut alias hidangan penutup tidak ada yang terlalu manis di Jepang. Tidak ada coklat atau permen dan pudding untuk hidangan pencuci mulut.

Kalau mereka ingin menyajikan dessert, mereka akan menyajikan kue mochi yang saat ini sudah dikreasikan dengan isian es krim. Kue mochi terbuat dari tepung beras yang kenyal, tapi tidak terlalu manis.

Recent posts

Comments

No comments yet.

Leave a Reply

captcha